KEISTIMEWAAN AIR ZAM-ZAM




Para jamaah haji umumnya pulang ke tanah air dengan membawa air zam-zam dan setibanya di rumah para tamu minta disuguhi air zam-zam tersebut. Mereka tidak mengerti apa khasiat air zam-zam, hanya kebiasaan saja diminum oleh para tamunya, sedangkan jamaah hajinya sendiri telah terbiasa minum di tanak Mekkah.
Zam-zam memang bukan air mineral biasa. Unsur kimianya memiliki berbagai macam kandungan berdasarkan penyelidikan dan penelitian, dalam satu liter air zam-zam terbukti mengandung klorida 159,75 mg, sulfat 140 mg, bikarbonat 398,22 mg, kalium 182,2 mg, kalsium 158,22 mg, dan natrium 318 mg.
Bandingkan dengan satu liter air mineral biasa : klorida 30 mg, sulfat 27 mg, bikarbonat 32 mg, kalium 3 mg, kalsium 20 mg, dan natrium 20 mg.

Selain dipercaya membawa berkah secara spiritual, air zam-zam juga dikenal menjadi penyembuh berbagai penyakit fisik dan psikis. Air zam-zam yang mencuat di tengah tandusnya perbukitan batu itu, memang salah satu bukti nyata kebesaran Allah SWT. Meski tidak termasuk dalam daftar tujuh keajaiban dunia, tetapi air zam-zam ternyata paling diharapkan orang. Jutaan kaum muslimin yang melaksanakan ibadah haji dan umrah  setiap tahunnya selalu mencari air tersebut.
Zamzam ialah nama telaga/sumur yang terletak di tengah Masjidil Haram tidak jauh dari Kabah. Sumur ini sangat dalam dan besar, dan permukaan kecil. Airnya tidak pernah kering kendati setiap masa orang menggunakan. Penduduk Mekkah selalu berbuka puasa dengan air zam-zam atau dengan buah kurma, mengikuti sunah Nabi Muhammad SAW.
Dalam riwayat air zam-zam sudah ada sejak zaman Nabi Ismail As. Menurut para ahli sejarah kisah air zam-zam itu bermula dari peristiwa yang dialami oleh Siti Hajar dan anaknya Ismail As. Para fuqaha bersepakat bahwa sunat hukumnya bagi orang-orang yang mengerjakan ibadah haji dan umrah minum air zam-zam, karena Rasulullah SAW melakukan.
Berdasarkan nash asy-Syafiyah, air zam-zam itu sunah diminum dalam keadaan apapun. Rasulullah SAW bersabda : “Air zam-zam itu diminum untuk keperluan apa saja”.
Jika seseoang meminumnya dengan maksud menghilangkan haus, maka allah akan menghilangkan rasa haus, jika orang meminumnya untuk menghilangkan rasa lapar, Allah akan menghilangkan rasa lapar dan jika orang meminumnya untuk menyembuhkan penyakit maka allah akan menyembuhkan penyakitnya.
Disebutkan dalam hadits Rasulullah SAW : “Sesungguhnya air zam-zam itu penuh berkah, sesungguhnya ia makanan yang menyenangkan”.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "KEISTIMEWAAN AIR ZAM-ZAM"

Posting Komentar

PPDB 2020