Buah buahan yang tertulis di Al Quran

Buah-buah ini disebut dengan jelas dalam Al-Qur'an yaitu:

  1. buah kurma
  2. buah anggur
  3. buah delima
  4. buah tin
  5. buah zaitun
  6. buah pisang

Firman Allah SWT. :


"Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, maka Kami keluarkan dari tumbuhan-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang kurma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan Kami keluarkan pula zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah, dan (perhatikan pula) kematangannya. Sesungguhnya, pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman."
(Q.S. Al-An'aam [6]: 99)

Q.S. At-Tin (95) ayat 1 :

1. Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun[1587],
[1587.] Yang dimaksud dengan Tin oleh sebagian ahli Tafsir ialah tempat tinggal Nabi Nuh, yaitu Damaskus yang banyak pohon Tin; dan Zaitun ialah Baitul Maqdis yang banyak tumbuh Zaitun. 

 
Al-Qur`an juga menyebut pisang sebagai salah satu buah-buahan surga,

"Berada di antara pohon bidara yang tidak berduri, dan pohon-pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya), dan naungan yang terbentang luas, dan air yang tercurah, dan buah-buahan yang banyak, yang tidak berhenti (buahnya) dan tidak terlarang mengambilnya." (Q.S. Al-Waaqi'ah [56]: 28-33)
 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Buah buahan yang tertulis di Al Quran"

Posting Komentar

PPDB 2020