BUKU PAI - PT

AL-ISLAM : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (UNTUK PT)

Penerbit : Erlangga Mahameru
Pengarang : ROIS MAHFUD

Discription :
Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai sebuah mata kuliah yang diajarkan pada Perguruan Tinggi Umum (PTU) memiliki peran mediator dalam proses pembentukan kepribadian (personality in the making process) mahasiswa. Mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI) juga sangat penting untuk menanamkan nilai-nilai keagamaan yang bersifat transformatif kepada mahasiswa sebagai agen pembangunan di era post-moderen ini. Pendidikan Agama Islam (PAI) bisa menjadi sebuah instrument penting dalam menformat mind set mahasiswa sehingga mereka kelak menjadi trasformator yang memiliki kepribadian (personality) yang sarat dengan nilai-nilai humanis dan nilai transedental dalam pengambilan kebijakan pembangunan.

Buku ini berupaya memediasi pencapaian kepribadian mahasiswa. Pembahasan buku ini secara umum mempresentasikan Islam sebagai agama yang memiliki ajaran komprehensif.. Buku ini mempresentasikan Islam sebagai agama komprehensif (sumul dien) yang intinya mencakup hakikat Islam dan lingkup ajarannya yang meliputi akidah; ibadah; muamalah dan akhlak. Pada bagian selanjutnya; kajian buku ini berfokus pada berbagai bidang seperti hukum; HAM dan demokrasi; pendidikan; ekonomi; IPTEK; seni; budaya dan politik. Semua bidang tersebut akan dikupas tuntas dari sudut pandang Islam.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "BUKU PAI - PT"

Posting Komentar

Tulis Apa Yang Kamu Lakukan Dan Lakukan Apa Yang Kamu Tulis.

Allah SWT. Berfirman dalam Al Qur'an :

  • [54:53] : "Dan segala (urusan) yang kecil maupun yang besar adalah tertulis."
  • [6:59] Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz)"
  • [57:22] Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.
  • [33:6] Nabi itu (hendaknya) lebih utama bagi orang-orang mukmin dari diri mereka sendiri dan isteri-isterinya adalah ibu-ibu mereka. Dan orang-orang yang mempunyai hubungan darah satu sama lain lebih berhak (waris-mewarisi) di dalam Kitab Allah daripada orang-orang mukmim dan orang-orang Muhajirin, kecuali kalau kamu berbuat baik kepada saudara-saudaramu (seagama). Adalah yang demikian itu telah tertulis di dalam Kitab (Allah).
  • [18:49] Dan diletakkanlah kitab, lalu kamu akan melihat orang-orang bersalah ketakutan terhadap apa yang (tertulis) di dalamnya, dan mereka berkata: "Aduhai celaka kami, kitab apakah ini yang tidak meninggalkan yang kecil dan tidak (pula) yang besar, melainkan ia mencatat semuanya; dan mereka dapati apa yang telah mereka kerjakan ada (tertulis). Dan Tuhanmu tidak menganiaya seorang juapun".
  • [17:58] Tak ada suatu negeripun (yang durhaka penduduknya), melainkan Kami membinasakannya sebelum hari kiamat atau Kami azab (penduduknya) dengan azab yang sangat keras. Yang demikian itu telah tertulis di dalam kitab (Lauh Mahfuzh).
  • [7:157] (Yaitu) orang-orang yang mengikut Rasul, Nabi yang ummi yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada di sisi mereka, yang menyuruh mereka mengerjakan yang ma´ruf dan melarang mereka dari mengerjakan yang mungkar dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk dan membuang dari mereka beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka. Maka orang-orang yang beriman kepadanya. memuliakannya, menolongnya dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya (Al Quran), mereka itulah orang-orang yang beruntung.
  • [11:6] Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).